Masih enjoy dengan utak atik monitor nih....
heee.....
kali
ini kita akan sama - sama membahas tentang kasus atau kerusakan yang
sering terjadi pada flyback monitor, eit tepatnya pada rangkaian
horisontal...
so, chek it dot dot dot... heeee....
Biar ga kelihatan serius banget cuy.....
Oke kini saatnya kita membicarakan kerusakan pada flyback, tepatnya FLYBACK BOCOR.
Kalau ban motor bocor biasanya ditandai dengan beratnya beban dan goyang-goyang tuh motor ama yang naik.. heee...
naahhh...
kalau flyback bocor juga ada tandanya tuh...... Biasanya monitor
berkedap kedip serta disertai suara mendesis.. nah lo....
Terus gemana sih cara yang jitu supaya kita benar-benar yakin kalau flybacknya bocor ???
Naahh caranya kamu buka dech monitornya, lalu dibawa ketempat yg gelap... nah lo.. gelap-gelapan... heee..
Lalu kamu amati dech dengan seksama !!! Biasanya pada bagian yang bocor akan keluar percikan api berwarna biru
biru ( makanya dibawa ketempat gelap, biar kelihatan ), trus juga disertai bau yang sedikit menyengat.......Naahh setelah itu baru kamu lakukan tindakan selanjutnya......
apa itu ???
Yuukkk kita bicarakan bersama-sama ....
Dilihat
dari bagian yang bocor ada tiga bagian yang perlu diperhatikan. yang
pertama adalah body flyback, bisa dilihat langsung bagian yang bocor
akan bengkak dan berlubang seperti bisul meletus. Kasus seperti ini
tidak bisa ditolong lagi selain mengganti flyback.
Yang kedua bocor pada bagian cop flyback yang berupa karet penutup konektor pada crt (tabung). Cara mengatasinya matikan monitor, tunggu beberapa saat agar flyback melepas semua muatannya dulu. buka cop (tak perlu pakai acara nge-ground flyback kayak pada tv, flyback monitor tidak menyimpan muatan listrik lama). Bersihkan permukaan crt, gunakan kanebo akan lebih bersih. bersihkan juga karet cop tersebut. Kamu punya kendaraan kan???? , ambil setetes oli pada kendaraan kamu, oleskan pada karet cop tadi lalu pasang kembali, beres dah.
Berikutnya
adalah bocor pada pangkal kabel flyback. Siapkan uang 6rb rupiah untuk
beli lem sealer di toko besi atau bengkel motor terdekat, habiskan
satu tube sealer untuk menutup kabel tersebut, gunakan kertas digulung
untuk menahan sealer tersebut. Benar-benar gunakan semua sealernya,
jangan pelit-pelit karena tambalan tipis tidak akan mampu menahan
listrik 25000 volt. tunggu sehari semalam sampai sealer benar-benar
kering dan kuat sebelum menyalakan monitor. Kenapa menggunakan sealer?
sealer bersifat kenyal dan tahan panas, bila menggunakan lem yang keras
saat flyback panas lem akan memuai dan retak, akibatnya…..? petir
muncul lagi!
Selamat mencoba....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar